Kamis, 17 Januari 2013

Tugas 1 kelompok 2

Nama kelompok:
1. Fajri maulanasyah
2. Ihsan nasrullah
3. M irfan
4. viddy Akbarsyah


Microsoft corporation merupakan perusahaan multiraksasa computer yang memperkenalkan perangkat lunak pengolah angka system operasi modus grafik yang pertama pada tahun 1985 dan dinamakan Microsoft Excel versi 1.0. Microsoft Corporation memperkenalkan Microsoft Excel 95 pada Agustus 1995 dan dilanjutkan pada Microsoft Excel 97, 2000, XP, dan 2003. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Excel, 2007 dan 2010.

Microsoft excel merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka. Untuk fungsi matematika, fungsi statistika, fungsi keuangan, dan fungsi logika.

Microsoft Excel yang dikembangkan oleh Micrsoft Corporation telah banyak digunakan, baik oleh perorangan maupun perusahaan. Fasilitas didalam Microsoft Excel ini terus bertambah dan memberi kemudahan dari versi ke versi. Selain aplikasi pengolahan angka dengan Microsoft Excel, terdapat juga aplikasi yang sejenis, seperti Lotus For Windows, Supercalk, Q-Pro, dan OpenOffice Calc. Kegunaan program pengolah angka ada prosesnya.
Kegiatan yang dilakukan Ms excel antara lain:
1. Perhitungan dengan rumus sederhana

2. Perhitungan dengan rumus yang kompleks

3.Perhitungan keuangan/finansial

4. Pengolah angka menjadi grafik

5. Pengolah databasentu




Quick access toolbar
Untuk mengakses perintah-perintah umum yang sering digunakan secara cepat. 

Title bar
Judul nama buku kerja(workbook) ter;etak pada bagian tengah atas jendela microsoft excel. 

Ribbon
Merupakan menu berbentuk pita yang berisi ikon-ikon atau perintah-perintah yang dikelompokan berdasarkan fungsinya dalam bagian, yaitu tabs, groups, dan commnds.

Pointer
Penunjuk posisi sel. 

Tab worksheet
Untuk berpindah antar-lembar kerja, yaitu berpindah ke lembar kerja paling awal,berpindah ke lembar kerja sebelumnya, berpindah ke lembar kerja berikutnya, dan berpindah ke lembar kerja paling akhir. 

Name box
Untuk menampilkan nama sel yang sedang aktif dan dapat digunakan untuk menamung beberapa sel yang diblok menjadi suatu range dengan diberikan nama tertentu. 

Formula bar
Kotak yang berfungsi untuk menampilkan rumus, memasukkan rumus, dam memperbaiki rumus yang telah dibuat. 

Control menu
Ada yang terletak sejajar dengan title bar( 

Scroll bar vertikal
 Penggulung layar vertikal terletak di sebelah kanan lembar kerja. Fungsi scroll bar ini adalah untuk melihat data yang terdapat dalam lembar kerja yang melebihi tampilan suatu layar.
Scroll bar horizontal
Penggulung layar horizontal ini terletak dibagian bawah lembar kerja dan sejajar dengan tab Worksheet. Fungsinya untuk menggeser layar ke kanan atau kiri agar data yang terletak di sebelah kanan lebih dari satu layar dapat terlihat.


  1. PERBEDAAN MICROSOFT EXCEL 2003, 2007, DAN 2010

Pada Excel 2003 jumlah kolom = 256 
Pada Excel 2007 jumlah kolom = 16.384 
Pada Excel 2010 jumlah kolom = 16.384 


Kita dapat mengetahui jumlah baris tersebut dengan cara: Sorot all dengan mouse salah satu baris dari kiri Ketik angka 1 pada keyboard Tekan CTRL+ENTER Lihat Jumlahnya pada status bar.

Pada Excel 2003 jumlah baris = 65.536 

Pada Excel 2007 jumlah baris = 1.048.576 
Pada Excel 2010 jumlah baris = 1.048.576 


Kita dapat mengetahui jumlah baris tersebut dengan cara menekan CTRL+ panah bawah.

Ditulis Oleh : XI-IPS 1 // 05.01
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.