Kamis, 31 Januari 2013

tugas LKS kelompok 5 XI-IPS 1


Kelompok 5
1.      Fitri Wulandari
2.      Galang Prakoso
3.      Intania Putri Faradiba
4.      Waisul Kurni

Tugas Siswa 1 page 12

1.      Apa yang kita ketahui tentang Microsoft Excel 2007?
Jawab  : Microsoft Excel 2007 adalah program aplikasi pengelolah angka yang sangat berguna untuk mengolah data dengan format spreadsheet dan analisis, serta sharing informasi untuk menciptakan data informasi dalam pengambilan keputusan.

2.      Bagaimana cara untuk menjalankan Microsoft Excel 2007?
Jawab  :
Cara 1 : Klik tombol start > All program > Microsoft Office > Microsoft Office
               Excel 2007
Cara 2 :  Klik tombol start > Run > Ketik Excel > Klik OK
Cara 3 : Jika ikon shortcut Microsoft Excel ada di dekstop, klik dua kali

3.      Apa yang kalian ketahui tentang Microsoft Office Button?
Jawab  : Office Button merupakan barisan perintah untuk pengoprasian program yang
               standar.

4.      Bagaimana cara menampilkan dan menyembnyikan menu dan ikon?
Jawab  : Langkah-langkah menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon      :
1.      Buka program Microsoft office excel 2007
2.      Klik tombol customize quick acces toolbar > centang menu new (apabila ingin menampilkan ikon menu)
3.      Hilangkan centang untuk menyembunyikan menu yang anda inginkan

5.      Bagaimana cara untuk menampilkan dan menyembunyikan garis bantu/grid?
Jawab  : Langkah-langkah menampilkan dan menyembunyikan garis bantu/grid   :
1.      Klik tab menu view. Hilangkan centang grid lines
2.      Perhatikan grid/garis bantu telah disembunyikan. Centang kembali jika ingin memunculkannya.

Tugas Siswa 1 page 29-30
1.      Apa yang kita ketahui tentang workbook?
Jawab  : workbook adalah buku kerja dalam microsoft excel yg merupakan keseluruhan
dari tampilan awal excel.

2.      Bagaimana cara untuk menambah workbook?
Jawab  :
            Cara 1 : -Klik Office Button > New, -Pada kotak dialog New Workbook yang
                        muncul pilih Blank New Workbook 7 create, -untuk membuat workbook
                        baru templates pilih pada bagian kelompok templates, klik tombol create.
            Cara 2 : -Tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol N (Ctrl + N) pada
                        keyboard

3.      Bagaimana cara untuk menambahkan worksheet?
Jawab  : Cara Menambahkan Worksheet Ms. Excel 2007
Cara 1: Tekan tab Insert Worksheet yang terletak disebelah kanan Sheet3.
Cara 2: Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard.
Cara 3: Klik kanan pada salah satu tab worksheet Pilih Insert Pada kotak dialog 
            yang muncul pilih Worksheet Klik OK.          

4.      Jelaskan yang dimaksud dengan cell!
Jawab  : Cell (kotak warna kuning) adalah bagian terkecil dalam Worksheet. Cell merupakan pertemuan antara baris dan kolom makanya cell dinamakan berdasarkan kolom dan baris di mana dia berada. Contohnya : cell di atas bernama A2. A adalah nama kolom dan 2 adalah nama baris tempat cell itu berada.

5.      Apa fungsi SUM?
Jawab  : SUM digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu.



DON’T COPY J

Fitri, Intania, Galang, Waisul



Ulangan Harian 1 page 30-31

1.      D
2.      A
3.      E
4.      C
5.      C
6.      B
7.      B
8.      D
9.      C
10.  C
11.  C
12.  B
13.  E
14.  E
15.  A
16.  D
17.  B
18.  C
19.  B
20.  B
21.  D
22.  D
23.  C
24.  B
25.  B

DON’T COPY J

Fitri, Intania, Galang, Waisul




Bagian B page 32
1.      XFD
2.      Memperlebar atau mempersempit kolom
3.      Ctrl +
4.      Save
5.      Alt + H
6.      Alt+ N
7.      3 buah worksheet
8.      Menutup workbook
9.       Page layout
10.   Borders

DON’T COPY J

Fitri, Intania, Galang, Waisul

ESSAY

1.      Bagaimana cara untuk mengaktifkan menu Formulas?
Jawab        : Alt + M

2.      Bagaimana cara untuk mengaktifkan menu Review?
Jawab        : Alt + R

3.      Bagaimana cara untuk mengatur tampilan Srollbars pada workbook excel 2007? Jawab         : Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua,
                  yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.  
                  1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau
                       ke bawah.
                  2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke
                      kanan.

4.      Bagaimana cara untuk menyimpan workbook?
Jawab        : Klik Microsoft Office Button. Pilih Save,  lalu akan masuk ke dalam
                  jendela penyimpanan. Isi File Name lalu klik Save.


5.      Bagaimana cara untuk mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu?     
Jawab        : Untuk mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu menggunakan
                  Microsoft Excel 2007 dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut:
                  • Blok seluruh data  
                  • Klik tab Data         
                  • Pilih kategori Sort & Filter
                  • Klik tombol Sort    
                  • Pada Pilihan Sort by pilih kategori pengurutan    
                  • Pada Bagian Order pilih cara pengurutan secara Ascending ( A-Z
• Klik OK.      

6.      Sebutkan tiga macam kegiatan memformat data?      
Jawab        : 1. Memformat worksheet 
                    2. Memformat angka
  3. Memformat teks dan data

7.      Apakah yang dimaksud dengan software aplikasi?       
Jawab        : Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang
                  memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk
                  melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.     

8.      Apakah kelebihan Kspread?       
Jawab        : Kspread adalah aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat
                  open source dan multiplatform.
Kelebihan kspread adalah :
·         Tampilannya dilengkapi menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.
·         Dilengkapi fitur-fitur pengolah angka dengan berbagai kemudahan
·         Mampu mampu melakukan perhitungan lebih dari 100 fungsi
·         Mampu mengurutkan angka.
·         Dalam satu dokumen mampu memuat banyak lembar kerja dan banyak tabel.


DON’T COPY J

Fitri, Intania, Galang, Waisul

9.      Bagaimana langkah-langkah membuat tabel pada Microsoft excel?  
Jawab        :
Langkah-langkah membuat Tabel
·         Jalankan Ms. Excel 2007 
·         Muncul Lembar Kerja Ms. Excel 2007
·         Blok kolom dan baris sesuai permintaan/kebutuhan data kita,
·         Klik kanan pada area yang diblok, pilih format cell (kolom dan baris tetap dalam keadaan blok)
·         Muncul dialog Format Cell
·         Pilih Tab Border
·         klik icon Outline dan Inside  dan Klik OK

10.  Bagaimana langkah-langkah untuk meratakan tampilan data?
 Jawab       :
1. Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang masing-masing isinya akan diubah perataannya.
2. Klik salah satu icon Align Left (rata kiri sel) – iconCenter (rata tengah) – icon Right (rata kanan sel)pada toolbar formatting

11.  Bagaimanakah langkah-langkah mengatur format huruf pada Microsoft excel?
Jawab        :
1)Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang isinyayang akan dibentuk
2)Klik menu Format
3)Klik submenu Cell (Ctrl + 1)
4)Tampil: Dialog box format cell
5)Klik tab Font
6)Pada tombol drop_down Font, pilih dan Klik jenis bentukhuruf yang diinginkan
7)Pada tombol drop_down Font Style, pilih dan klik gayatampilan huruf yang diinginkan
8)Pada tombol drop_down Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan
9)Pada tombol drop_down Underline, pilih dan klik bentukgaris bawah yang diinginkan
10)Pada tombol drop_down Color, pilih dan klik box warnahuruf yang diinginkan
11)Pada option Effect, pilih dan klik box efek pencetakanyang diinginkan
12)Klik tombol OK

12.  Bagaimanakah langkah-langkah mengganti nama worksheet?
Jawab        :
      1. Klik kanan pada nama sheet yang ingin anda rubah, misalnya klik kanan pada sheet1. Kemudian pilih Rename

                  2.Setelah ter-bold Sheet 1 (seperti gambar dibawah) maka sekarang anda bisa mengganti                      
                  dengan nama yang anda sukai misalnya PRODUK

13.  Bagaimanakah langkah-langkah untuk menyisipkan kolom atau baris pada Microsoft excel?
Jawab        :
1.      Pertama-tama seleksilah sel  di mana kolom akan disisipkan, misalnya sel B1:B7.
2.      Selanjutnya klik kanan sel dan pilih opsi Insert.
3.      Berikutnya muncul kotak dialog Insert. Pilihlah opsi Entire row untuk menyisipkan baris, atau pilihlah opsi Entire column untuk menyisipkan kolom. Misalnya Anda memilih opsi Entire column.
4.      Kemudian klik tombol OK.
5.      Setelah itu akan muncul kolom baru yang disisipkan pada kolom B.

14.  Bagaimanakah cara menformat tanggal?        
Jawab        : Cara Mengganti Format Tanggal di Excel 2007
1. Blok sel yang akan diketik tanggal Indonesia
2. Tekan Ctrl+1 untuk membuka jendela format cell.
3. Pada tab Number pilih category Date.
4. Pada panel sebelah kanan ubah locale (location) dari English US menjadi
     Indonesian.
5. Pilih salah satu type yang anda inginkan, kemudian klik OK


15.  Bagaimanakah langkah-langkah mengubah tampilan angka? 
Jawab        :
1. Pada lembar kerja excel, klik menu file lalu arahkan kursor pada tab "Options" lalu
    klik.
Merubah Format Kolom Excel dari Angka ke Huruf
2. Setelah berada di Excel Options, klik menu "Formulas" dan arahkan kursor pada R1C1.
Merubah Format Kolom Excel dari Angka ke Huruf
3. Jika sudah anda hilangkan tanda centangnya, jangan lupa klik OK.

DON’T COPY J

Fitri, Intania, Galang, Waisul

Ditulis Oleh : XI-IPS 1 // 04.25
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.