Kamis, 17 Januari 2013

Tugas TIK Kelompok 8 part 2



0. Scroll bar horizontal


Lingkungan jendela kerja Microsoft Excel 2010 terdiri atas :

v Quick acces toolbar ;
Berisi ikon-ikon yang di gunakan unyuk mengakses perintah-perintah umum yang sering digunakan secara cepat.. Diantaranya ada ikon Save (penyimpanan), Undo (pembatalan perintah), dan Redo (pengulangan perintah).

v Title bar ;
Judul nama buku kerja (Workbook) terletak pada bagian tengah atas jendela Microsoft Excel.

v Ribbon ;
Ribbon merupakan menu terbentuk pita yang berisi ikon-ikon atau perintah-perintah yang di kelompokkan berdasarkan fungsinya dalam tiga bagian, yaitu Tabs, Groups, dan Commands.

v Pointer ;
Pointer adalah penunjuk posisi sel.

v Tab worksheet ;
Lembar kerja Micsrosoft Excel secara default memiliki 3 sheet. Dalam tab Worksheet tersebut dilengkapi dengan tombol navigasi untuk berpindah antar-lembar kerja , yaitu berpindah ke lembar kerja paling awal, berpindah ke lembar kerja sebelumnya, berpindah lembar kerja berikutnya, dan berpindah ke lembar kerja paling akhir.

v Name box ;
Kotak nama berfungsi untuk menampilkan nama sel yang sedang aktif dapat di gunakan untuk menampung beberapa sel yang diblok menjadi suatu range dengan diberikan nama tertentu. Letak name box diatas antara lembar kerja toolbar ikon.

v Formula bar ;
Formula bar adalah kotak yang berfungsi untuk menampilkan rumus, memasukkan rumus dan memperbaiki rumus yang telah dibuat. Formula bar ini akan menampilkan nilai-nilai atau rumus daru suatu sel yang aktif.

v Control menu ;
Contol menu ada yang terletak sejajar dengan title bar (terletak di sudut kanan atas) yang berfungsi dan berpengaruh terhadap aplikasi Microsoft Excel (memperkecil jendela Microsoft Excel , me-restore jendela Microsoft Excel, dan keluar dari progam Microsoft Excel).

v Scroll bar vertikal
Penggulung layar vertikal terletak di sebelah kanan lembar kerja. Fungsi scroll bar ini adalah untuk melihat data yang terdapat dalam lembar kerja yang melebihi tampilan suatu layar.

v Scroll bar horizontal
Penggulung layar horizontal ini terletak dibagian bawah lembar kerja dan sejajar dengan tab Worksheet. Fungsinya untuk menggeser layar ke kanan atau kiri agar data yang terletak di sebelah kanan lebih dari satu layar dapat terlihat.



Ø Pemindahan Pointer

o Penggunaa mouse pada pointer
o Bentuk dan fungsi kursor mouse
o Pengaturan letak pointer dengan keyboard

Menu dalam microsoft excel 2010

Dalam microsoft excel 2010 dikenal menu ribbon dan menu pop up

1. Menu ribbon adalah menu berbentuk pita yang berisi perintah-perintah yang dikelompokan dalam tiga bagian yaitu tabs,groups,dan commands .

Ø File
Ø Home
Ø Insert page layout
Ø Formulas
Ø Data
Ø Review
Ø View

2. Menu pop up adalah menu yang digunakan untuk menampilkan perintah tertentu secara cepat. Menu ini digunakan dengan cara kanan pada area tertentu.

Ditulis Oleh : XI-IPS 1 // 03.23
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.