Kamis, 17 Januari 2013

Tugas TIK kelompok 8 part 1

Kelompok 8 :

· Amirah Meisah
· Putri Kusuma Dewi
· Fruisilia Eprisdayanti
· Kevin Christoper

Halaman 166 – 176

TIK

Pekerjaan yang dilakukan dengan komputer tidak selalu menggunakan tulisan berupa alfabet atau teks, tetapi juga menggunakan angka-angka atau numerik. Microsoft Corp telah mengantipasi kebutuhan dengan menyediakan aplikasi pengolah angka (spread sheet) yang diberi nama Microsoft Excel.

Microsoft Excel mampu mengolah angka untuk fungsi matematika, fungsi statiska, fungsi keuangan, dan fungsi logika. Bahkan, penghitungan gaji karyawan, baik dengan neraca maupun laporan keuangan, dapat dilakukan dengan Microsoft Excel. Microsoft Excel yang dikembangkan oleh Micrsoft Corporation telah banyak digunakan, baik oleh perorangan maupun perusahaan. Fasilitas didalam Microsoft Excel ini terus bertambah dan memberi kemudahan dari versi ke versi. Selain aplikasi pengolahan angka dengan Microsoft Excel, terdapat juga aplikasi yang sejenis, seperti Lotus For Windows, Supercalk, Q-Pro, dan OpenOffice Calc. Kegunaan program pengolah angka ada prosesnya .

Proses atau kegiatan yang dapat dilakukan oleh Microsoft Excel, antara lain diantaranya yaitu :v Perhitungan dengan rumus sederhana

v Perhitungan dengan rumus yang kompleks

v Perhitungan keuangan/finansial

v Pengolah angka menjadi grafik

v Pengolah databasentu

Dengan berbagai kegunaan tersebut sudah tentu aplikasi ini sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Dalam bidang bisnis dan perkantoran, aplikasi ini berguna untuk perhitungan keuangan (akuntansi), data statistika (untuk analisis), dan grafik. Dalam bidang pendidikan, aplikasi ini berguna sebagai database siswa dan guru, pengolah nilai siswa, analisis, dan laporan-laporan lainnya. Bekerja dengan aplikasi ini menjadikan kita idak lagi membutuhkan kalkulator karena aplikasi ini telah menyediakan beberapa fungsi dan operasi perhitungan, diantaranya operasi aritmetika, fungsi statistika, fungsi finansial, dan fungsi logika.

Letak program dan pengaktifan Microsoft Aplikasi Excel 2010

Saat ini microsoft telah mengeluarkan paket Microsoft Office 2010, termasuk didalamnya Microsoft Excel 2010. Microsoft selalu memberikan fasilitas terbaru dan terbaik dari setiap rilis, tetapi pada dasarnya memiliki cara atau penggunaan yang sama.

Untuk mempercepat dalam mengaktifkan aplikasi Microsoft Excel, dapat pula diletakkan pada tampilan desktop menjadi sebuah shortcut. Untuk membuat shortuct Excel pada tampilan desktop, ikuti langkah-langkah berikut :

· Klik kanan pada desktop

· Arahkan kursor pada new

· Klik shortcut, maka akan ditampilkan kotak dialog create shortcut.

Lingkungan jendela kerja microsoft excel 2010 terdiri dari :

Quick access toolbar
Untuk mengakses perintah-perintah umum yang sering digunakan secara cepat.

Title bar
Judul nama buku kerja(workbook) ter;etak pada bagian tengah atas jendela microsoft excel.

Ribbon
Merupakan menu berbentuk pita yang berisi ikon-ikon atau perintah-perintah yang dikelompokan berdasarkan fungsinya dalam bagian, yaitu tabs, groups, dan commnds.

Pointer
Penunjuk posisi sel.

Tab worksheet
Untuk berpindah antar-lembar kerja, yaitu berpindah ke lembar kerja paling awal,berpindah ke lembar kerja sebelumnya, berpindah ke lembar kerja berikutnya, dan berpindah ke lembar kerja paling akhir.

Name box
Untuk menampilkan nama sel yang sedang aktif dan dapat digunakan untuk menamung beberapa sel yang diblok menjadi suatu range dengan diberikan nama tertentu.

Formula bar
Kotak yang berfungsi untuk menampilkan rumus, memasukkan rumus, dam memperbaiki rumus yang telah dibuat.

Control menu
Ada yang terletak sejajar dengan title bar(

Scroll bar vertikal

1

Ditulis Oleh : XI-IPS 1 // 03.19
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.